Manfaat buah tomat untuk kesehatan




Tomat merupakan buah yang tentu sudah tidak asing lagi dengan khas warna merah menyala. Buah tomat bisa dimakan secara langsung ataupun dengan ditambahkan pada aneka masakan sehingga menambah selera makan. Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tentu mengandung berbagai nutrisi untuk tubuh.

dibalik kesederhanaannya, sebenarnya buah tomat memiliki banyak sekali manfaat besar untuk tubuh. Berikut dibawah ini penjabarannya.

makan-tomat

Membantu tulang tetap kuat

Vitamin K dan kalsium yang terkandung pada tomat sangat berguna untuk memperkuat dan memperbaiki massa tulang, sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Sumber vitamin K yang terkandung di dalam tomat mampu mencegah mengeroposnya tulang.

Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan.




Buah tomat kaya akan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh anda. Serat ini sangat berguna untuk menginginkan sistem pencernaan agar tetap sehat dan lancar, dengan begitu apabila selama ini buah tersebut Kamu abaikan, sekarang mulailah untukmengkonsumsinya.

Menjaga kesehatan kulit

Tomat juga menjadi sumber likopen yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Buah Tomat ini membuat kulit akan tetap sehat dan indah. Selain itu juga bermanfaat untuk melindungi kulitdari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Pencegah Kanker yang cukup efektif.

Buah tomat dikatakan juga pelawan kanker alami. Likopen yang terkandung di dalam tomat bermanfaat untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, prostat, serviks, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium. Kemudian buah Tomat mengandung vitamin A dan C, yang membantu untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel. Untuk itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah tomat.

Mencegah Diabetes secara alami.

Buah Tomat mengandung kromium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Sehingga Tomat menjadi sumber yang baik untuk membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan daya penglihatan

Buah tomat juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, membuat penglihatan menjadi tajam, dan mencegah terjadinya rabun senja. Berdasarkan dari suatu penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi tomat dapat mengurangi resiko degenerasi makula, yang merupakan penyakit pada mata, yang sangat sulit untuk disembuhkan.

Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin A di dalam tomat bermanfaat agar rambut tetap kuat dan indah, menyehatkan rambut dan memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

Membantu meredakan peradangan

Penyakit yang melibatkan peradangan dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi buah tomat, dimana dengan mengkonsumsinya bermanfaat untuk meredakan nyeri yang dialami. Itu karena tomat mengandung cukup banyak bioflavonoid dan karetenoid.

Mencegah batu ginjal

Buah tomat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli ditemukan bahwa penyakit batu ginjal dan batu empedu jarang terjadi pada orang-orang yang rajin memakan buah tomat, tetapi tanpa bijinya.

Menurunkan berat badan

Untuk melakukan program diet, maka disarankan untuk memasukan tomat ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Tomat mengandung banyak air dan juga serat, yang bermanfaat memberikan rasa kenyang yang bertahan dengan lama. Sehingga tomat tampaknya menjadi teman yang baik dalam usaha untuk menurunkan berat badan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan