Manfaat Bunga Terompet




Bunga terompet adalah bunga yang sering kita jumpai di sekitar jalan daerah pegunungan. Fungsi Bunga terompet untuk digunakan sebagai tanaman hias. Bunga terompet bahasa inggrisnya Angel’s trumpet ini yang mempunyai bentuk lonjong seperti terompet yang memiliki berbagai warna kuning, merah, ungu dll. Tumbuhan bunga terompet ini habitatnya berada di daerah pegununggan.

Bunga terompet ini berasal dari berasal dari Amerika tengah dan Amerika Selatan Bunga terompet mempunyai arti filosofi ketenaran. Bunga terompet kuning yang memiliki nama latin Datura Arborea. Budidaya tanaman bunga terompet ini menggunakan cara stek batang. Bunga terompet ini mempunyai efek penghilang kesadaran atau anticholinergics maka berhati-hati lah saat menggunakan bunga terompet ini untuk pengobatan agar tidak keracunan.

22

Morfologi Bunga Terompet / Ciri Bunga Terompet / Anatomi Bunga Terompet

Bunga Terompet dapat tumbuh dan mekar pada setiap tahun
pada tanaman yang dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter
Tangkai bunga ini berwarna hijau muda dan mempunyai daun yang agak kasar
Warna kuning pada bunga Terompet sangat cerah
Struktur Bunga Terompet mempunyai bentuk bunganya sendiri mencapai ukuran diameter 5 sampai 7, 5 cm

Klasifikasi Bunga Terompet




Kerajaan: Plantae
Filum: Basidiomycota
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apocynales
Famili: Apocynaceae
Genus: Allamanda
Spesies: Allamanda cathartica

Kandungan Kimia Bunga Terompet

Kandungan aktifnya adalah atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat penghilang kesadaran atau anticholinergics. Resiko yang tinggi jika terjadi overdosis dibuktikan dengan laporan pasien yang dirawat di rumah sakit dan juga yang meninggal karena menggunakannya untuk iseng.”

Bunga Terompet pada umumya memang berwarna kuning. Namun seiring dengan perkembangan, bunga Terompet diperbanyak dengan cara penyilangan atau stek dan dapat menghasilkan bunga Terompet berwarna putih, ungu, merah muda atau oranye.

Manfaat dan Khasiat Bunga Terompet

Manfaat Bunga Terompet medis untuk antikolinergik, narkotik, obat bius, spasmolitik dan anti-asma. Kegunaan eksternalnya termasuk mengobati sakit dan nyeri, dermatitis, orkitis, artritis, rematik, sakit kepala, infeksi, dan sebagai anti-inflamasi yang tersedia dalam bentuk sirup, salep, atau penerapan langsung daunnya secara transdermal pada kulit. Penggunaan internalnya adalah dalam persiapan yang sangat encer dan sering sebagai bagian dari campuran yang lebih besar, yaitu meliputi pengobatan untuk penyakit perut dan otot, sebagai dekongestan, untuk menginduksi muntah, untuk mengusir cacing dan parasit, dan sebagai obat penenang. Penggunaan secara internal jauh lebih jarang karena bahayanya sebagai obat makan sangat tinggi. Hal ini karena toksisitas tanaman ini sangat tinggi. Seluruh bagian Brugmansia beracun, dengan biji dan daun yang sangat berbahaya.

Catatan Penting !

Hati-hati dalam menggunakan tumbahan ini karena tumbuhan ini juga memiliki racun pada bagian daun dan bijinya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan