Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan




Bunga Wijaya yang diduga berasal dari Amerika ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam keluarga kaktus. Dengan bentuk yang cukup unik dan cantik, tidak heran jika banyak dari kalangan masyarakat yang memanfaatkan bunga ini sebagai tumbuhan hias yang juga berkhasiat obat. Mempunyai nama latin (Epiphyllum anguliger), Bunga wijaya kusuma juga mempunyai multi fungsi yang merangkap sebagai obat herbal.

Ciri-ciri / Deskripsi Bunga Wijaya Kusuma :

Bentuk pohon hampir sama persis dengan buah Naga dengan hidupnya menopang pada media disekitarnya. Batang terbentuk dari helaian daun yang menua atau mengeras. Batang berbentuk silinder, pipih dengan warna hijau. Permukaan daun halus tanpa duri dan ditumbuhi tunas dan juga bunga (ciri ini hampir sama persis dengan cocor bebek). Bunga berwarna putih dan hanya mekar dimalam hari, diameter bunga mencapai 10cm, serta berbuah bulat dengan warna merah diserta biji berwarna hitam. Sedangkan untuk perkembang biakan, sobat bisa memanfaatkan stek batang atau juga dengan penyemaian kembali biji buah.

wijayakusuma

Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan :

1. Meredam rasa sakit dan nyeri (Analgesik).
2. Mencegah pembekuan darah (mengatasi aliran darah yang tidak lancar).
3. Mempercepat penyembuhan luka abses.
4. Obat herbal untuk anti-radang / pembengkakan.
5. Menyembuhkan dan mempercepat penuaan bisul.
6. Melancarkan sistem pencernaan terutama mengatasi sembelit.
7. Menghentikan pendarahan pada kaum wanita (hemostatis).
8. Menyembuhkan batuk dan muntah darah.
9. Mengatasi Tuberkulosis paru.
10. Penambah tenaga yang mampu meningkatkan stamina.
11. dll.




Sedangkan untuk cara penggunaan, sobat tidak perlu langkah rumit dalam mendapat khasiat dari bunga wijaya kusuma, untuk lebih detailnya, alangkah baiknya jika mengikuti resep berikut :

• Untuk Bisul : Cukup menempelkan bunga pada bisul sebelum tidur. Lakukan langkah ini secara teratur.
• Obat Luka : Tumbuk dan tapalkan batang pada luka. Perban atau balut dengan kain halus. Jika dilakukan secara rutin, maka luka akan lebih cepat mengering.
• Untuk Jamu / Konsumsi : Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, rebus dengan 400cc air atau setara dengan 2 gelas hingga mendidih. Selanjutnya saring dan diminum.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan