Manfaat Jambu Biji




Manfaat Jambu Biji – buah ini sangat lah keras ketika belum masak, akan tetapi setelah buah ini masak akan mudah untuk di gigit dan terasa enak untuk di makan, di bagian tengah terdapat biji kecil-kecil yang sangat banyak, inilah yang di sebut dengan buah jambu biji. buah ini memiliki nama latin Psidium guajava dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. buah ini sangat banyak kita jumpai di kampung, karena di tempat saya juga tergolong sangat mudah untuk di cari, bahkan ada banyak jenisnya, mulai dari jambu biji merah, jambu biji putih, jambu batu dan yang masih sejenis dengannya, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk membahas berbagai manfaat yang terkandung dari buah yang sudah akrab dengan masyarakat indonesia ini.

Jambu biji memiliki banyak sekali serat yang tentunya sangat berguna untuk tubuh kita, dan sebagian masyarakat mansih memanfaatkan pucuk daun jambu biji ini untuk pengobatan diare secara alami, selain itu buah jambu biji memiliki Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C.

Manfaat Jambu Biji

Manfaat Jambu Biji

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Menyembuhkan Infeksi
Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.




Mengatasi Diabetes
Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.

Antiradang dan Antivirus
Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus.

Khasiat Lainnya
Menurut penelitian, daun jambu klutuk dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus lalu diberikan pada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan