Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan




Tanaman Kumis Kucing yang memiliki nama latin Orthosiphon grandiflarus merupakan tanaman jenis tumbuhan semak yang banyak tersebar di daerah beriklim tropis, terutama di Asia Tenggara. Nenek moyang sebenarnya telah banyak Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing ini dalam bidang kesehatan. Hal ini terbukti dengan banyaknya ramuan herbal dan jamu yang menggunakan bahan dasar tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat Kumis Kucing

Bagian yang paling berkhasiat dari tanaman ini adalah daunnya. Karena daun kumis kucing mengandung kadar Kalium yang tinggi serta mengandung Glikosida Orthosiponin yang bisa menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh kita. Karena kandungan yang dimiliki daun kumis kucing, maka tumbuhan ini sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan secara alami atau yang dikenal dengan terapi herbal. Tanaman kumis kucing memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain sebagai berikut:

• Menyembuhkan infeksi saluran kemih
• Membersihkan empedu
• Membersihkan ginjal dan mengobati batu ginjal
• Menyembuhkan rematik
• Menjaga tekanan darah
• Membantu mengontrol gula darah
• Mengobati asam urat
• Mengurangi keputihan, dan lain sebagainya

Manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan saluran kemih yang paling terkenal mengobati penyakit yang berada di area saluran kemih. Mulai dari kencing batu, infeksi saluran kemih, hingga batu ginjal juga dapat disembuhkan menggunakan tanaman ini. Contohnya untuk mengobati infeksi saluran kemih, Anda dapat merebus 10 helai daun kumis kucing yang telah dicuci bersih kemudian air rebusan tadi diminum dengan dosis 2 kali sehari setengah gelas.

Selain infeksi saluran kemih, tanaman kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati kencing batu dan memperlancar saluran kencing. Caranya adalah dengan merebus 90mg daun kumis kucing yang telah dibersihkan dengan 1 liter air. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tersisa kira-kira 75% dari semula (dalam hal ini berarti tersisa 750ml). Kemudian dinginkan dan minum dengan dosis 250ml sebanyak 3 kali sehari.




Pada penyakit batu ginjal biasanya dipadukan dengan tanaman lain seperti daun keji beling dan daun ngokilo yang direbus secara bersamaan dengan takaran 25gr. Rebus dengan 1 liter air dan bagi ke dalam dosis 4 gelas, yang diminum pagi, siang sore dan malam.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan