Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan




Manfaat temulawak memang sudah terkenal sejak 4000 tahun yang lalu sehingga tidak heran kini banyak produk yang dibuat oleh produsen yang menggunakan bahan baku temulawak. Tanaman ini memiliki nama latin curcumma xanthorrhiza dan pada setiap daerah memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda. Seperti di daerah madura disebut dengan temulabak, koneng gede untuk daerah sunda, dan ada juga yang menyebut temu lawak dengan nama temu putih.

temulawak

Dalam temulawak terdapat banyak sekali senyawa kimia seperti minyak menguap atau yang biasa disebut dengan fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol. Jadi temulawak mengandung banyak khasiat antara lain adalah :

Untuk mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti seperti kembung, dyspepsia, dan indisgestion dapat diatasi menggunakan temulawak. Anda dapat mengkonsumsi temulawak secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Untuk membantu meringankan peradangan




Peradangan seperti osteoarthritis dapat kita atasi dengan menggunakan temulawak yang merupakan bahan alami herbal dari alam.

Dapat mengatasi kanker

Tanaman temulawak dapat mengatasi berbagai macam jenis kanker seperti kanker usus dan prostat. Seperti yang ditulis m.vemale.com, temulawak dapat menghambat perkembangan kanker prostat. Hal tersebut membuat hipotesis bahwa temulawak bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

Meningkatkan nafsu makan pada anak, mengatasi penyakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, memperlancar produksi ASI, mengatasi sembelit, sakit cangkrang, cacar air, mengobati sariawan sampai dengan jerawat.

Meskipun dapat mengatasi berbagai macam penyakit, namun mengkonsumsi temulawak secara berlebihan juga tidak baik untuk perut. Beberapa orang yang dilarang mengkonsumsi temulawak adalah orang-orang yang menderita diabetes, sedang mengkonsumsi obat-obatanan dan ibu hamil.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan