Manfaat Tumbuhan Anggrek Untuk Kesehatan




Tumbuhan Anggrek siapa yang tidak kenal dengan nama anggrek. Tumbuhan dengan nama latin orchidaeae ini sudah dikenal sebagai salah satu tanaman yang dijadikan sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini menjadi simbol keromantisan, kelembutan, kecantikan, keanggunan. Nama anggrek sering bersanding dengan Nama mawar dan melati sebagai tanaman yang dianggap paling simbolik. Namun ternyata, selain sebagai tanaman hias, manfaat tumbuhan anggrek yang lainnya juga cukup banyak.

Manfaat tumbuhan anggrek yang sebenarnya telah dikenal sejak lama namun tidak diketahui oleh banyak orang adalah khasiat anggrek sebagai tanaman obat. Bangsa Cina merupakan salah satu bangsa yang telah sejak lama memanfaatkan anggrek sebagai bahan obat.

Beberapa jenis anggrek dendrobium berguna untuk mencegah beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan perut, ginjal, dan paru-paru seperti demam, faucitis, peradaan saluran pencernaan, diabetes, dan kehausan. Jenis anggrek lainnya, gastrodia elata telah digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti kejang, pusing, stroke, dan hipertensi. Selain itu ada juga jenis anggrek Cremastra appendiculata digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti tonsilitis, kanker, dan hipertensi.

bunga-anggrek

Masih ada lagi manfaat tumbuhan anggrek yang lain. Salah satu jenis anggrek ternyata sudah sejak lama dijadikan sebagai penyedap untuk makanan atau kue, yaitu vanili. Barangkali tidak banyak yang tahu bahwa vanili merupakan salah satu jenis anggrek. Padahal, vanili merupakan salah satu jenis penyedap kue yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya itu aroma vanili yang khas juga membuatnya dijadikan sebagai bahan untuk aromaterapi serta parfum. Selain itu ada anggrek lain bernama Orchis Mascula yang telah digunakan sebagai bumbu campuran dalam masakan.

Masih ada lagi kegunaan anggrek yang lain. Daun kering pada anggrek jenis Jumella Fragrans digunakan untuk perasa pada makanan.




Sementara, manfaat tumbuhan anggrek sebagai untuk tanaman hias sendiri sudah tidak perlu dipertanyakan. Anggrek memang biasa ditemukan di rumah-rumah sebagai salah satu tanaman yang mempercantik pemandangan rumah. Siapa sangka anggrek yang cantik dan identik dengan kelembutan tersebut ternyata memiliki banyak manfaat lain, termasuk untuk kesehatan tubuh manusia.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan