Resep Kentang Balado




Resep kentang balado tanpa kapur sirih merupakan tips dan trik serta cara mudah membuat sambal goreng kentang kering yang sangat renyah dan kriuk crispy saat dikunyah. Walaupun dengan bumbu-bumbu sederhana tetapi dengan tekstur yang garing dan renyah berpadu cita rasa pedas manis bisa menjadi hidangan favorit keluarga baik untuk cemilan atau sahabat nasi bahkan pelengkap menu makan pengganti kerupuk.

Resep membuat kentang yang renyah kriuk bisa dimulai dengan merendamnya dengan air garam sebagai alternatif apabila tidak menggunakan air kapur sirih karena juga dapat membantu proses keluarnya cairan (air) dari dalam kentang sehingga nantinya air rendaman akan berubah menjadi keruh kecoklatan.

Resep Kentang Balado

Resep Kentang Balado

RESEP KENTANG BALADO

Selain merendamnya dengan air garam, tips selanjutnya adalah pemakaian racikan bumbu tanpa menggunakan air, teknik menggorengnya serta jangan lupa untuk terus melakukan proses pengadukan setelah dimatikan api kompor sampai wajan atau penggorengan sudah mulai dingin.

Bahan dan bumbu :

• 1 kg kentang
• 1,5 sdt garam
• 2 sdm gula pasir
• 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
• 1 liter minyak atau secukupnya untuk menggoreng kentang




Haluskan :

• 15 buah cabe merah dibuang biji
• 8 siung bawang putih

CARA MEMBUAT KENTANG BALADO

1. Kupas kulit kentang, potong-potong menggunakan alat pemotong kentang yang diserut atau potong manual bentuk korek kemudian cuci bersih. Rendam dengan air secukupnya campur 1 sdt garam hingga kentang terendam, aduk-aduk rata lalu diamkan selama 30 menit untuk mengeluarkan getah kentang.

2. Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang. Setelah cukup panas ambil segenggam kentang dari rendaman tadi, sambil digoyang-goyang sedikit untuk meniriskan air lalu masukkan dalam penggorengan hingga kentang terendam minyak.

3. Jangan diaduk-aduk saat kentang masih lembek agar tidak saling menempel dan mudah patah, biarkan kentang agak mengering di bagian bawah kemudian baru dibalik dan masak hingga bagian yang lain agak kering.

4. Selanjutnya boleh sesekali diaduk sambil memisahkan kentang yang saling menempel, goreng hingga kering dan garing berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam wadah yang dialasi tisu atau kertas untuk membantu menyerap minyak. Lanjutkan menggoreng sisa kentang dengan cara yang sama sampai habis.

5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, beri garam dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga bumbu matang.

6. Masukkan kentang goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, setelah semua kentang sudah dimasukkan jangan berhenti diaduk-aduk sampai tercampur rata dan kering serta tidak ada bumbu yang menggumpal. Tips dan trik selanjutnya adalah matikan api kompor tetapi kita masih terus harus mengaduk-aduknya hingga wajannya atau penggorengan sudah tidak panas lagi. Angkat dan siap untuk disajikan serta simpan dalam wadah kedap udara.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan