Resep Kue kuping Gajah




Resep Kue kuping Gajah ini adalah salah satu kue dengan motif yang cukup unik serta istimewa, yang menyerupai sekali dengan motif batik. Di namakan juga sebagai kue kuping gajah dikarenakan memiliki bentuk sungguh unik, tidak tebal, serta berbentuk bulat melebar mirip seperti kuping gajah. Selain hal itu, kue kuping gajah ini dapat termasuk juga sebagai salah satu dari kue tradisional asil Indonesia yang paling populer, dan cukup pas untuk di hidangkan juga sebagai makanan ringan yang waktu santai.

Ketika hari raya kue ini dapat cukup popular juga sebagai suguhan untuk sejumlah tamu. Kue ini sejak dari awal sampai sekarang ini enggak banyak mengalami perubahan. perubahan yang ada cuma kelihatan dari warnanya saja, saat ini kita dapat kita lihat kue gajah dengan kombinasi pada warna putih merah serta putih hijau. Dari segi rasa tetap masih enggak berubah dari dahulu sampai saat ini.

Resep Kue kuping Gajah

Resep Kue kuping Gajah

Bahan untuk membuat kue kuping gajah

• 300 gr tepung terigu, diayak halus

• 2 sdm margarin

• 75 gr gula halus




• 1/2 sdt garam

• 1/4 sdt vanili bubuk

• 1 butir telur

• 75 ml santan kental (dari parutan 1/2 butir kelapa), dimasak serta dinginkan

• 11/2 sdm cokelat bubuk

• Minyak goreng secukupnya

Cara Bikin Kue Kuping Gajah

1. Campur beberapa bahan seperti margarine, tepung terigu, gula, garam, serta vanili, aduk sampai adonan tercampur rata.

2. Masukkan telur, tuangkan santan sedikit-sedikit hingga adonan enggak lengket.

3. Tambahkan cokelat bubuk pada 1/4 adonan pada wadah terpisah, aduk-aduk sampai rata. Diamkan sisa adonan tetap berwarna putih.

4. Gilas/pipihkan tipis adonan putih kurang lebih setebal 2 mm. Demikian pula untuk adonan cokelat kurang lebih sama juga dengan ukuran adonan warna putih.

5. Letakkan lapisan adonan cokelat diatas lapisan adonan putih, gulunglah ke-2 adonan sembari dipadatkan dengan cara perlahan. Masukkan dan diamkan adonan selama 2 jam dalam almari es hingga adonan mengeras.

6. Sesudah 2jam keluarkan, potong-potong adonan gulung dengan ketebal ankurang lebih 1 mm dengan pisau tajam selanjutnya tipiskan lagi adonan yang sudah dipotong tadi.

7. Goreng hasil potongan adonan dalam minyak yang banyak serta panas sampai matang serta berwarna kuning agak kecoklatan. Setelah di rasa matang angkat lalu tiriskan.

8. Hidangkan Kue Kuping Gajah dalam stoples kedap udara untuk melindungi kerenyahan kue serta lebih tahan lama.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan