Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam




Bayam merupakan makanan super dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya. Maka tidak heran jika bayam menjadi sumber kekuatan Pepeye (salah satu tokoh kartun). Setelah mengkonsumsi bayam, popeye menjadi lebih kuat dan sanggup mengalahkan Brutus yang berbadan besar. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena pada kenyataannya pun demikian.

Bayam memiliki nama latin Amaranthus spp. dan termasuk dalam famili Amaratohideae. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Daun bayam biasa dimasak dengan cara dijadikan sayur bening. Namun sekarang ini olahan bayam semakin beraneka, bahkan ada yang membuatnya menjadi keripik.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikannya sebagai sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut akan kami jelaskan perihal apa saja manfaat bayam bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Baik untuk Diet




Jika Anda sedang berada dalam program diet, maka bayam merupakan sayuran yang perlu untuk Anda konsumsi. Bayam mengandung 20 persen serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah.

2. Melawan Kanker

Dalam daun bayam terdapat kandungan flavonoid, yaitu sebuah phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa flavonoid mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker pada perut, kanker prostat dan sel kanker kulit. Kandungan flavonoid pada bayam juga terbukti menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi bayam dapat membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi makula. Hal ini berkat kandungan karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, bayam juga mampu menjaga kesehatan tulang. Bayam mengandung vitamin K tinggi, dalam setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, masih ada mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor juga membantu menguatkan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A yang tinggi pada bayam mampu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis, mengatasi jerawat, prosiasis hingga keriput.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu cangkir bayam sudah bisa memenuhi kebutuhan gizi harian vitamin A. Melindungi dan memperkuat “entry point” ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus. Juga merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

7. Anti-inflamasi

Bayam memiliki sifat alkalinitas yang tinggi. Sayuran ini merpakan pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

8. Mencegah penyakit Kardiovaskular

Sayuran ini merupakan sumber asam folat yang baik, juga mengandung choline dan inositol. Asam folat berfungsi mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah yang bertanggung jawab terhadap tingginya resiko penyakit jantung. Sementara choline dan inositol membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam merupakan sayuran sumber kalium tinggi namun rendah kandungan sodiumnya. Keseimbangan dua mineral ini sangat membantu pasien darah tinggi dalam menurunkan tekanan darahnya. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut andil dalam elastisitas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

10. Menurunkan Risiko Diabetes

Jika Anda adalah termasuk orang dengan risiko tinggi terkena diabetes, maka mengkonsumsi bayam adalah baik. Mengkonsumsi bayam secara rutin membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

11. Mencegah Anemia

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terkena anemia. Zat besi membantu proses pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

12. Mengobati Gusi Berdarah

Pendarahan pada gusi bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi bayam dengan wortel dibuat jus.

13. Sumber Anti-oksidan

Bayam mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Mencegah terjadinya terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

14. Mencegah Pengapuran

Kandungan vitamin K pada bayam berperan penting dalam proses yang disebut karboksilasi. Ini merupakan proses yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan. Mengkonsumsi satu cangkir bayam secara rutin dapat mencegah aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke.

15. Saraf dan Otak

Kandungan vitamin K dari bayam juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak untuk sintesis sphingolipids (lemak penting yang membentuk selubung myelin di sekitar saraf ).

16. Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dapat dijaga dengan rutin mengkonsumsi bayam. Kandungan vitamin A dan vitamin C dari bayam dapat melindungi usus dan saluran cerna dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sementara kandungan asam folatnya dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus.

17. Pertumbuhan

Zat besi merupakan mineral yang penting bagi pertumbuhan anak-anak dan remaja. Selain itu, bermanfaat juga bagi ibu hamil yang rawan terkena anemia. Bayam mengandung kalori lebih banyak namun tetap rendah lemak dan bebas kolesterol.

18. Mencegah Kelelahan

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, bayam juga dapat mencegah rasa lelah tubuh akibat terlalu banyak bekerja atau sehabis sakit. Mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan jumlah energi, zat besinya membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan