Makanan yang mengandung protein




Makanan yang mengandung protein yang bisa anda gunakan sebagai menu pelengkap harian anda. Makanan sumber protein sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk memenuhi nutrisi harian. Sebagai catatan, perempuan harus mendapatkan sekitar 46 gram protein per hari, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 56 gram protein perhari. Kebanyakan orang menganggap bahwa protein hanya dimiliki oleh hewan atau yang biasa kita kenal dengan protein hewani. Protein yang berasal dari hewan umumnya memang lebih tinggi jika dibandingkan dari tumbuh-tumbuhan, akan tetapi protein nabati ini relatif lebih sehat karena tidak mengandung kolesterol dan juga rendah lemak. Nah bagi anda yang mengurangi asupan protein hewani berikut beberapa daftar makanan yang mengandung protein dari tumbuh-tumbuhan:

Makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein

1. Kedelai. Kedelai memang merupakan salah satu makanan sumber protein nabati yang cukup bagus, setengah cangkir kedelai mengandung 10 gram protein sedangkan susu kedelai mengandung 7 gram protein per cangkir. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti tahu, tempe, yogurt, es krim dan juga susu kedelai yang kaya akan nutrisi. Selain itu ada banyak produk olahan tahu dan susu kedelai yang diperkaya dengan nutrisi lain yang dibutuhkan, seperti kalsium, zat besi dan vitamin B12.

2. Kembang kol. Sayur yang satu ini selain mengandung protein juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, mangan, glucosinolates ( glucoraphin ), vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niacin ), B5 ( asam pantotenat ), B6 ( pyridoxine ) dan B9 ( asam folat ), fosfor dan kalium, indole- 3 -carbinol ( indikasi kuat melawan kanker ) dan masih banyak lagi. Jadi bagi anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan anda bisa memasukkan kemabang kol ke dalam menu makanan untuk diet sehat anda.

3. Labu. Labu mengandung 9,35 gram protein, jumlah tersebut melebihi kandungan protein dalam daging sapi. Karena labu memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi yang lengkap sehingga menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk setiap salad atau makanan ringan. Selain dagingnya biji labu juga kaya akan nutrisi penting seperti mangan, fosfor, tembaga, vitamin K, vitamin E, vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B – 6 ( pyridoxine ), folat, kalium , kalsium, besi, magnesium, zinc dan selenium.

4. Kacang polong. Makanan dalam keluarga kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik bagi vegetarian, termasuk juga kacang polong. Satu cangkir kacang polong mengandung 7,9 gram protein yang hampir sama dengan satu cangkir susu.

5. Kacang dan mentega. Semua kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan juga protein. Kacang almound mengandung sekitar 6 gram protein per ons, yang membuatnya sangat baik dikonsumsi untuk para vegetarian. Akan tetapi selain kaya akan protein beberapa jenis kacang mengandung kalori yang cukup tinggi seperti almond, kacang mete, dan pistachio.




6. Quinoa. Seluruh biji-bijian pada dasarnya merupakan sumber protein, akan tetapi yang paling baik diantara yang lain adalah quinoa. Tidak seperti banyak sumber protein vegetarian, quinoa mengandung semua asam amino esensial, membuatnya menjadi “protein lengkap”. Hanya satu cangkir quinoa yang dimasak mengandung 18 gram protein, serta sembilan gram serat.

7. Gandum. Endosperma merupakan bagian yang terbesar dari biji gandum (80-83%) yang banyak mengandung protein, pati, dan air. Pada proses penggilingan, bagian inilah yang akan diambil sebanyak-banyaknya untuk diubah menjadi tepung terigu dengan tingkat kehalusan tertentu. Pada bagian ini juga terdapat zat abu yang kandungannya akan semakin kecil jika mendekati inti dan akan semakin besar jika mendekati kulit. Selain kaya akan kandungan protein gandum juga mengandung tinggi serat sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda.

8. Kacang merah. Kacang ini biasanya dikonsumsi ketika sudah benar-benar masak berupa kacang kering. Di Indonesia sendiri, kacang merah yang sudah dikeringkan umumnya dimasak menjadi berbagai macam olahan makanan seperti bubur, sup, atau campuran sayur. Kacang merah sekarang ini juga sudah dijadikan sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi di atas 6 bulan. Dua cangkir kacang merah mengandung sekitar 26 gram protein.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan