Penyebab Alergi Dan Cara Mengatasi Alergi




Mungkin banyak diantara kita disini yang memiliki penyakit alergi. Alergi sebenarnya bukanlah penyakit, alergi merupakan suatu respon yang berlebihan yang terjadi ketika seseorang kontak secara langsung dengan zat penyebab alergi. Respon yang berlebihan itu sendiri biasanya bisa berupa batuk-batuk, pilek, hidung tersumbat, mata merah, sesak napas dan masih banyak lagi.

Penyebab Alergi Dan Cara Mengatasi Alergi

Penyebab Alergi Dan Cara Mengatasi Alergi

Penyebab dari alergi sendiri ada banyak sekali. Mungkin bisa dari faktor keturunan, faktor dari diri sendiri, hormon dan lain sebagainya. Zat yang menyebabkan alergi juga banyak macamnya. Dalam dunia medis, penyebab alergi biasa disebut Allergen. Allergen dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu:

Macam – Macam Alergi

1. Allergen Inhalant: Merupakan allergen yang masuk ke tubuh melalui pernafasan. Contohnya yaitu debu, asap, serbuk sari tanaman, dsb.




2. Allergen Injektan: Merupakan allergen yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan, suntikan atau sengatan. Misalnya adalah: gigitan serangga, sengatan lebah, suntikan obat, dsb.

3. Allergen Ingestan: Merupakan allergen yang masuk ke dalam tubuh melalui pencernaan (termakan). Contohnya adalah udang, telur, ikan laut, dsb.

4. Allergen Kontaktan. Merupakan alergen yang masuk ke dalam tubuh melalui kontak langsung dengan penderita. Misalnya adalah penggunaan kosmetik, terkena bulu kucing, dsb.

Tanpa kita sadari, ternyata zat-zat penyebab alergi adalah sesuatu yang selalu ada di sekitar kita. Jika seseorang memang sudah mengetahui bahwa dirinya memiliki penyakit alergi, maka harus mengetahui tentang hal ini serta Anda juga harus pandai-pandai untuk menghindari kontak langsung dengan Allergen. Untuk pencegahan sendiri agar orang yang memiliki riwayat alergi bisa terhindar dari zat Allergen, maka ikutilah tips-tips berikut ini:

Tips Cara Mudah Mengatasi Alergi

•  Jauhkan diri dari hewan-hewan yang berbulu seperti kucing, kelinci, dsb.

•  Rajin-rajinlah untuk membersihkan perabot rumah dari debu. Jika tidak memiliki vacum cleaner, Anda dapat
mengelap perabot rumah dengan kain basah.

•  Tutuplah perabot rumah yang tidak terpakai dengan kain, agar debu tidak mengumpul disana.

•  Ketika keluar rumah, usahakan untuk selalu memakai masker apabila Anda adalah salah satu orang yang alergi.
Gunanya adalah untuk menghindari debu dan asap kendaraan bermotor.

•  Jangan menggunakan kosmetik secara sembarangan, lebih baik Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum memakai kosmetik tertentu jika memang kulit Anda termasuk dalam kulit yang sensitif.

•  Jika Anda alergi dengan udara dingin, gunakan masker dan jaket jika bepergian di pagi hari. Atau mungkin Anda bisa menunda kepergian Anda jika cuaca memang tidak mendukung.

•  Apabila Anda sudah terlanjur terpapar oleh alergen dan menunjukkan tanda-tanda alergi kambuh, segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan