Resep Gulai Ikan Kakap




Resep Gulai Ikan Kakap Putih dan Kakap Merah. Resep Masakan Gulai mungkin tidak asing buat teman teman. Ya, ada beberapa macam resep gulai yang banyak dicari dan dimasak oleh orang Indoensia. Tetapi biasanya kita mggunakan bahan utama daging untuk membuat resep masakan asli Indonesia ini. Untuk kali ini saya akan mengajak teman teman untuk mencoba membuat resep masakan ikan yang menggunakan bumbu bumbu gulai. Hampir semua jenis ikan yang kita kenal bisa kita masak dengan bumbu gulai, seperti resep gulai ikan kakap, gulai ikan tongkol, ikan tuna, nila, patin atau jenis ikan yang lain. Bahkan kepala ikan pun bisa kita masak menggunakan resep gulai kepala ikan.

Resep Gulai Kepala Ikan Kakap merupakan salah satu resep masakan ikan yang sangat terkenal di Indonesia. Walaupun sebenarnya resep ini berasal dari Propinsi Sumatera Barat, tetapi karena rasanya yang sangat enak dan lezat, resep ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tetapi dikarenakan bahan baku kepala ikannya yang agak sulit untuk didapat, kali ini saya akan mengajak teman teman untuk memasaka Resep Gulai Ikan nya saja. Dalam resep kali ini, bahan baku utamanya adalah ikan kakap yang merupakan favorit keluarga kami. Tetapi teman teman bisa menggantinya juga dengan ikan favorit keluarga yang lain, seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan nila, ikan patin atau bahkan bisa menggunakan ikan mas atau ikan darat lainnya sebagai bahan utamanya.

Resep Gulai Ikan Kakap

Resep Gulai Ikan Kakap

Seperti variasi masakan dengan bumbu gulai lainnya, Resep Gulai Ikan Kakap kali ini juga menggunakan kuah kental yang berasal dari santan kelapa (butuh santan kental dan santan encer). Selain memberikan sensasi kelezatan yang tiada duanya, penggunaan santan juga memberikan sensasi rasa gurih yang alami. Untuk itu, pemilihan bahan santan yang digunakan harus benar benar diperhatikan. Tentu, saja pemilihan bahan baku ikan juga benar benar harus diperhatikan. Gunakan ikan kakap yang benar benar berkualitas bagus dan masih segar (tidak berbau amis). Tentu saja, pemiihan bahan baku bumbu dan rempah rempah nya juga harus diperhatikan.

Bahan dan Bumbu Resep Gulai Ikan Kakap Enak

1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ikan kakap segar dengan ukuran kurang lebih 1.3-1.5 kg. Bisa juga menggunakan ikan kakap putih atau merah.

2. Buah jeruk nipis ukuran besar sebanyak 1 buah. Potong ditengah menjadi beberapa bagian supaya gampang dikeluarin airnya.




3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 5-6 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu tumis.

4. Buah Cabai Merah ukuran sedang besar sebanyak 4-5 pcs. Iris tipis tipis dan haluskan untuk bumbu tumis.

5. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya dan haluskan juga untuk bumbu tumisan.

6. Kemiri kurang lebih sebanyak 2 butir. Haluskan dengan bumbu tumisan yang lain.

7. Kunyit kurang lebih sepanjang 1 ruas jari. Kupas kulitnya dan haluskan dengan bumbu tumisan yang lain.

8. Santan kental sebanyak kurang lebih 250cc atau satu gelas. Gunakan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih enak dan gurih.

9. Santan Encer kurang lebih sebanyak satu gelas air (250cc).

10. Daun bawang yang bersih dan bagus sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih dan iris iris besar untuk taburan.

11. Buah belimbing sayur atau belimbing wuluh sebanyak 3 pcs. Cuci dan potong potong besar juga.

12. Air Asam Jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok besar atau sendok makan.

13. Buah tomat hijau ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Cuci bersih dan potong besar besar juga.

14. Kaldu bubuk secukupnya supaya lebih gurih.

15. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 3 pcs.

16. Jahe ukuran sedang besar sepanjang 1 ruas. Gepuk dan memarkan supaya lebih gampang tercampur dengan bumbu lain.

17. Batang sereh ukuran sedang sebanyak 1 batang. Keprak batangnya atau memarkan juga.

18. Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 1 jari orang dewasa. Memarkan juga.

19. Garam dapur beryodium secukupnya.

20. Minyak goreng untuk menggoreng ikan dan menumis secukupnya.

Cara Membuat Resep Gulai Ikan

1. Bersihkan ikan kakapnya dengan menggunakan air bersih mengalir. Jangan lupa buang semua jeroan ikannya sampai benar benar bersih supaya hasil masakannya tidak bau.

2. Potong sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5-6 bagian. Jangan lupa bagian kepala ikan juga digunakan, tetapi potong terlebih dahulu menjadi dua bagian.

3. Ambil jeruk nipis yang sudah dipotong dan peras airnya di atas ikan untuk mengurai bau amisnya. Tambahkan garam dapur secukupnya dan diamkan meresap kurang lebih selama 5-7 menit.

4. Sambil menunggu, teman teman bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit dan 2 butir kemirinya untuk ditumis.

5. Siapkan wajan dan isi dengan minyak cukup banyak untuk menggoreng ikan kakapnya.

6. Masukkan ikan dan goreng dengan api sedang keci. Bolak balik supaya tingkat kematangannya merata. Jangan terlalu lama, cukup sampai setengah matang saja lalu angkat dan tiriskan.

7. Kurangi minyak dan sisakan sedikit saja untuk menumis. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bubu lain yang sudah dihaluskan diatas. Bolak balik sebentar supaya tidak gosong dan sampai bau harum keluar.

8. Masukkan daun jeruk, jahe, kaldu bubuk secukupnya, sereh dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk aduk kembali dengan bumbu tumisan sebelumnya sampai semua bahan layu.

9. Langkah berikutnya tuang santan cair ke dalam adonan bumbu bumbu diatas. Aduk aduk sampai santan encer tercampur dengan bahan yang lain.

10. Masukkan air asam jawa yang sudah dipersiapkan dan garam secukupnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan mendidih. Ingat, terus diaduk jangan sampai santan pecah.

11. Langkah berikutnya masukkan ikan kakap yang sudah digoreng setengah matang sebelumnya. Aduk aduk sesekali sampai bumbu dan kuah meresap ke dalam daging ikannya dan air kuahnya berkurang.

12. Masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk kembali sampai santan mendidih.

13. Langkah terakhir masukkan belimbing, tomat hijau yang sudah dipotong potong dan daun bawangnya. Aduk kembali sampai kuah agak mengental dan gulai ikan kakap siap dihidangkan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan