Resep Pepes Ikan Mas




Resep Pepes Ikan Mas Nila, Tongkol dan Cara Membuatnya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, wilayah negara kita hampir sebagian besar terdiri dari wilayah air, baik itu lautan, samudera, sungai dan danau. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita memanfaatkan hasil sumber daya tersebut dengan sebaik-baiknya, terutama hasil ikannya. Baik itu ikan air tawar, seperti nila, ikan patin, ikan kembung ataupun ikan laut, seperti ikan tongkol, ikan teri dan lainnya, Resep Ikan mengandung banyak sekali gizi, protein dan kandungan baik lain yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Kali ini kita akan mencoba resep pepes ikan dengan bumbu pepes khas Indonesia. Masakan pepes ikan ini memang salah satu warisan leluhur kita yang sudah terkenal akan kelezatannya.

Sebenarnya, resep pepes tidak hanya bisa dibuat dengan menggunakan bahan ikan saja. Teman teman tentu mengetahui bahwa kita juga bisa membuat resep pepes tahu, resep pepes ayam, pepes jamur dan yang lainnya. Tetapi pertama kali memang resep masakan Indonesia ini memang diciptakan untuk Resep Pepes Ikan Tongkol, Pepes Ikan kembung, Pepes Ikan Mas dan jenis ikan lainnya. Hampir semua jenis ikan bisa dibuat dengan bumbu pepes yang hampir sama, yaitu menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai bumbu dasar ditambah dengan beberapa rempah alami Indonesia, seperti serai, kunyit untuk memberikan warna yang menarik, ketumbar, beberapa daun salam dan lainnya. Tentu saja tidak lupa garam, gula dan beberapa buah cabai rawit dan atau cabai merah buat teman teman yang hobi masakan pedas.

Resep Pepes Ikan Mas

Resep Pepes Ikan Mas

Walaupun cara membuat Resep Pepes Ikan cukup sederhana dan mudah, bukan berarti hasil akhirnya juga rasanya sederhana. Kalau masalah citarasa, Resep Masakan Pepes dengan bahan ikan ini tidak kalah lezat dibandingkan resep ikan yang lainnya. Tentu saja, selain lezat, resep ikan pepes juga banyak mengandung vitamin, zat besi dan protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Perpaduan bumbu rempah dan bungkusan daun pisang dengan cara dikukus selain memberikan cita rasa khas bumbu pepes, membuat bumbu meresap sampai kedalam daging ikan, mempertahankan kandungan gizi supaya tidak rusak seperti kalau saat ikan digoreng juga berguna sekali untuk mengurangi kadar kolesterol di tubuh kita.

Tentu saja ada beberapa hal yang teman teman harus perhatikan supaya hasil akhirnya nanti sempurna dan ada beberpa hal yang harus diperhatikan dalam proses persiapan dan pemasakannya. Yang paling penting adalah teman teman harus benar benar membersihkan dengan baik ikan yang akan digunakan. Selain untuk menjaga citarasa dagingnya, kotoran ataupun jeroan ikan yang masih menempel di tubuh ikan saat proses pengukusannya juga bisa menimbulakn rasa pahit di resep masakan pepes ikannya. Setelah itu iris serong agak dalam tubuh ikan supaya resep bumbu pepes nya meresap sampai ke daging bagian dalam. Lumuri bagian luar tubuh ikan setelah proses pencucian dengan air jeruk nipis untuk membantu menghilangkan bau amis khas ikannya.

Bahan dan Bumbu Resep Pepes Ikan

1. Sesuai namanya, resep ikan pepes membutuhkan ikan segar kurang lebih sebanyak 1 kg. Cuci bersih bagian tubuh luar dan dalam ikan dan beri sayatan




2-3 kali supaya bumbu lebih mudah meresap.
Jeruk nipis ukuran sedang besar secukupnya (kurang lebih sekitar 2-3 pcs), tergantung ukuran jeruk yang digunakan. Potong menjadi beberapa bagian lalu peras dan keluakan airnya untuk melumuri ikan.
2. Garam dapur beryodium secukupnya untuk melumuri ikan sebelum dimasak dan untuk bumbu halus/tumisannya (bumbu halus butuh kurang lebih sebanyak satu sendok kecil).

3. Penyedap rasa secukupnya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau tidak suka dan diganti dengan menabahkan garam dan gula pasir.

4. Daun pisang yang utuh dan segar secukupnya. Jangan lupa bersihkan kedua permukaan daunnya lalu panaskan sebentar di atas api sampai agak layu (dengan cara digeser diatas api, jangan sampai gosong) supaya mudah saat dibungkus nantinya.

5. Buah Cabai Rawit merah kurang lebih sebanyak 8-11 pcs. Cuci bersih sebelum digunakan.

6. Buah cabai merah besar segar kurang lebih sebanyak 3-5 pcs (sesuai selera). Cuci bersih dan iris kecil kecil untuk campuran bumbunya.

7. Daun salam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 lembar. Cuci bersih sebelum dicampur dengan bahan lain.

8. Minyak sayur secukupnya.

9. Air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 liter saja).

10. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 6 ruas jari orang dewasa. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis tipis.

11. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.

12. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih, kupas pasar lalu iris.

13. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih bagian luarnya, kupas kasar lalu iris iris.

14. Batang serai kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.

15. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 14 siung. 4 pcs untuk bumbu halusnya dan 10 pcs dikupas lalu di iris tipis tipis.

16. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 12 pcs. Kupas kulitnya lalu 2 siung dihaluskan untuk bumbu halus dan 10 pcs diiris tipis tipis.

17. Kemiri kurang lebih sebanyak 9-10 pcs untuk bumbu halus.

18. Gula merah kurang lebih sebanyak 1 sendok saja. Sisir tipis tipis untuk bumbu halusnya.

19. Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok makan untuk bumbu halusnya.

20. Terasi kualitas bagus sedikit saja.

21. Pala bubuk atau halus kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil saja untuk campuran bumbu halusnya.

Cara Membuat Resep Ikan Pepes Mudah Sederhana

1. Setelah ikan yang akan digunakan dibersihkan sampai benar benar bersih, lumuri seluruh bagian ikan dengan campuran air jeruk nipis dan garam dapur beryodium sampai semua bagian ikan tertutupi sempurna. Biarkan dan diamkan sebentar supaya bau amis khas ikannya hilang.

2. Sambil menunggu perasan jeruknya meresap, teman teman bisa membuat bumbu halusnya.

3. Untuk menghaluskan bumbunya bisa menggunakan blender tetapi untuk hasil yang terbaik, sebaiknya kita pakai cara manual aja, yaitu di uleg menggunakan tangan semua bumbu halusnya, seperti gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, sedikit terasi, pala, kemiri, minyak sayur supaya lebih lembek dan cepat merasuk ke dalam bumbunya dan beri garam secukupnya sampai benar benar halus.

4. Bumbu yang sudah dihaluskan diatas dibagi menjadi dua. Satu bagian untuk melapisi ikan bagian dalam dan luar yang pertama lalu sebagian lagi dicampur dengan (bumbu iris) cabai merah besar yang diiris, jahe yang diiris, bawang merah iris, bawang putih iris, kunyit iris, daun bawang iris, lengkuas iris dan serai iris untuk bagian luarnya.

5. Lumuri ikan yang sudah dilumuri dengai air jeruk diatas dengan bumbu halus yang pertama. Ratakan sampai semua bagian luar ikan dan bagian dalam ikan (perut) terisi semua dengan rata.

6. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan sebelumnya lalu potong sesuai ukuran yang dikehendaki untuk membungkus dan mengukus ikan pepesnya.

7. Ambil sebagian bumbu halus yang dicampur dengan irisan bumbu lainnya lalu taruh di atas daun pisang lalu ambil ikan dan tarus diatas bumbu tersebut.

8. Ambil sisa bumbu halus plus irisan bumbu dan lumuri kembali bagian luarnya. Tambahkan daun salam, daun kemangi dan potongan besar cabai rawit di atas ikan lalu utup daun pisang dengan rapi dan kunci menggunkan tusuk gigi atau lidi.

9. Siapkan panci atan dandang atau teman teman juga bisa menggunakan panci presto supaya daging benar benar lunak sampai kedalamnya.

10. Masukkan air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 liter dan tambahkan sedikit minyak sayur ke dalamnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok saja).

11. Hidupkan dengan api sedang kecil sampai air mendidih lalu masukkan bungkusan daun pisang yang berisi pepes ikannya. Tutup dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama satu jam.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan