Resep Soto Ceker Ayam Dan Membuat Bumbu Soto




Cara Membuat Resep Soto Ceker Ayam Yang Empuk dan Sederhana. Soto ayam ceker merupakan salah satu resep masakan Indonesia yang akhir akhir ini mendapat perhatian yang cukup banyak dari masyarakat. Ya, kalau melihat dari bahan utama ceker yang digunakan mungkin teman teman akan sedikit heran kenapa kok banyak yang suka dengan variasi resep soto ayam ini. Tetapi kalau sudah mencobanya, Resep Soto Ayam Ceker memang sangat mengundang selera. Perpaduan rasa gurih dengan kaldu ayam dan bumbu soto ceker yang khas dijamin membuat teman teman yang hobi makan pasti akan ketagihan dengan resep soto ceker ayam ini. Apalagi cara membuat soto ceker recipe ini juga sangat mudah dan murah lho.

Kalau melihat bentuk fisik ceker ayam atau kaki ayam itu sendiri memang sedikit menjijikan karena biasanya jorok dan mengandung banyak kotoran. Tetapi setelah melalu proses pencucian yang baik, ceker ayam ternyata juga banyak mengandung vitamin dan kaldu ayam yang cukup banyak. Kandungannya ampir sama dengan bagian dari ayam lainnya, seperti tulang, kulit ataupun kepala. Selain dicuci bersih, kaki ayam yang akan digunakan untuk membuat Resep Soto Ceker Ayam sebaiknya juga direndam terlebih dahulu di air panas yang mendidih sebentar supaya benar benar bersih dari segala macam kotoran dan kulit ari ayam yang biasanya masih ikut menempel. Teman teman sebaiknya juga memberi sedikit perasan air jeruk supaya tidak ada bau amis yang terbawa sehingga hasil akhir dari resep soto ayam ceker ini tidak kalah nikmat dan lezat dibandingkan dengan resep soto ayam lainnya yang sudah lebih dulu populer di tengah masyarakat.

Resep Soto Ceker Ayam Dan Membuat Bumbu Soto

Resep Soto Ceker Ayam Dan Membuat Bumbu Soto

Tidak hanya cocok untuk menu makanan orang dewasa, kandungan gizi dari ceker ayam tentu saja juga sangat baik untuk pertumbuhan anak anak ataupun untuk mencukupi kebutuhan gizi manula. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa kaki ayam ini mengandung banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebut saja Kalsium, Protein, Fosfor, Kalori, kandungan kolagen, lemak, Omega dan yang lainnya. Bahkan beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan gizi resep soto ayam ceker ini sebanding dengan sirip ikan hiu yang sudah sangat terkenal sekali manfaatnya buat kesehatan.

Seperti resep soto ayam lainnya, soto ayam ceker juga memerlukan beberapa bahan umbian khas negara tropis, seperti jahe, lengkuas dan kunyit. Sebaiknya bakar sebentar kunyit dan jahe nya (tidak wajib) sebelum dihaluskan supaya nanti lebih wangi hasilnya. Walaupun cara membuat resep soto ceker cukup sederhana, tetapi langkah langkah yang akan kita berikan di bawah sebaiknya dilakukan secara berurutan supaya hasilnya sesuai yang dinginkan.

Bahan bahan Resep Soto Ceker Sederhana

1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah ceker atau kaki ayam yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1 kg. Gunakan ceker yang masih segar supaya hasilnya lebih gurih dan lezat.




2. Lengkuas kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.

3. Batang serai bagian putihnya saja yang berkualitas bagus 1 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan dan dicampur dengan bumbu soto ayam ceker yang lain.

4. Daun jeruk yang sudah dicuci bersih sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.

5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak satu ruas jari orang dewasa saja.

6. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.

7. Daun bawang untuk bahan pelengkap taburan di atas soto cekernya sebanyak 2 pcs. Cuci bersih lalu potong dan iris kecil kecil.

8. Soun secukupnya. Rendam dahulu dengan air panas dan dinginkan sebelum digunakan untuk bahan pelengkap.

9. Tauge yang sudah dicuci bersih dan direbus sampai matang secukupnya untuk bahan pelengkap.

10. Daun seledri segar yang sudah dicuci bersih secukupnya. Potong dan iris bagian daunnya untuk bahan pelengkap dan taburan di atas kuahnya.

11. Air bersih kurang lebih sebanyak 1.5-1.7 liter untuk merebus dan membuat kuah sotonya.

12. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Bahan dan Bumbu Soto Ayam Ceker

1. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 4 pcs. Kupas kulitnya lalu iris kecil kecil supaya mudah untuk dihaluskan.

2. Kunyit atau dikenal juga dengan kunir kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian.

3. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.

4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan.

5. Lada putih secukupnya seusai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5-1 sendok kecil.

6. Minyak sayur atau minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara Membuat Soto Ceker Empuk

• Setelah dicuci bersih dan direbus sebentar, siapkan panci dan beri air bersih yang sudah dipersiapkan lalu rebus ceker ayam.

• Masukkan lengkuas, 2 lembar daun salam dan serai ke dalam panci diatas lalu tunggu sampai air mendidih sambil sesekali diaduk aduk.

• Sambil menunggu air rebusan ceker ayamnya mendidih, teman teman bisa menyiapkan menghaluskan bumbu soto ceker yang akan ditumis, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit dan lada nya. Sebaiknya proses menghaluskan bumbunya memakai cara manual, yaitu dengan di uleg supaya aromanya lebih keluar.

• Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu bumbu halus diatas lalu bolak balik sampai tercium bau harum khas tumisan dari bumbu bumbu tersebut.

• Masukkan jahe dan daun jeruk ke dalam penggorengan diatas lalu tumis lagi sampai matang dan bolak balik supaya tercampur rata.

• Masukkan bahan tumisan ke dalam panci rebusan cekernya (setelah mendidih) dan aduk aduk supaya tercampur dengan kaldu cekernya.

• Masukkan garam dapur secukupnya sesuai selera. Tambahkan gula apabila diperlukan.

• Masak terus dan sekali diaduk aduk sampai ceker benar benar matang dan teksturnya empuk lalu matikan apinya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan