Mengenal Kerusakan Dan Cara Merawat Cat Mobil




Jika kerusakan pada cat mobil anda sudah terlalu parah maka jalan satu-satunya adalah dengan repaint atau cat ulang. Dalam memilih cat mobil untuk repaint ini juga harus diperhatikan seperti yang telah saya bahas sebelumnya. Namun jika kerusakan tidak terlalu parah bisa di lakukan perawatan secara khusus tergantung jenis kerusakanya. Untuk itu perhatikan jenis kerusakan pada cat dan cara merawatnya sebagai berikut

Jenis Kerusakan Cat dan Cara Merawatnya

Mengenal Kerusakan Dan Cara Merawat Cat Mobil

Mengenal Kerusakan Dan Cara Merawat Cat Mobil

1. Goresan

Goresan ini bisa terjadi akibat adanya gesekan dengan benda lain atau kesalahan dalam perawatan. Baik goresan kasar maupun goresan halus bisa dilakukan perawatan sebagai berikut:

1) Jika goresan halus bisa diperbaiki dengan memolesnya dengan coumpound. Dalam memoles jangan berlebihan, karena jika lapisan cat berkurang terlalu banyak maka warna cat akan terlihat memudar.
2) Untuk goresan kasar sebaiknya dibawa ke bengkel cat saja.
3) Untuk menghilangkan debu halus dari body mobil, agar tidak terjadi goresan bisa dilakukan dengan menggunakan sulak berbahan bulu domba atau bulu ayam.
4) Jika terdapat kotoran yang sifatnya melekat seperti kotoran hewan, siramlah dengan air terlebih dahulu baru dilap dengan kain halus.
5) Gunakan lap yang berbeda untuk membersihkan bagian body dengan bagian lainya seperti ruangan mesin, peleg spatbor untuk menghindari adanya goresan.

2. Korosi




Apabila lapisan bare metal terkikis maka akan timbul reaksi dengan udara. Hal ini akan menimbulkan karat didalam lapisan cat. Untuk menghindari hal ini bisa dilakukan dengan cara:

1) Segeralah mencuci mobil jika terkena air hujan. Air hujan yang bersifat asam berpotensi mengurangi kualitas cat mobil anda.
2) Jika sudah terlanjur terdapat karat, bisa dihilangkan dengan menggunakan cairan penghilang karat.

3. Jamur

Sisa air sabun yang tertinggal di permukaan cat bisa berpotensi menimbulkan jamur. Untuk itu setelah mencuci mobil, bukalah seluruh pintu dan kemudian tutup dengan tekanan yang agak keras agar sisa-sia air bisa hilang dan tidak mengendap.

4. Bercak Air Hujan Atau Air Sabun

Bercak-bercak yang timbul di body mobil diakibatkan oleh air hujan/air sabun yang mengering terkena sinar matahari. Untuk itu agar tidak timbul bercak bisa dilakukan dengan:

1) Menggunakan sabun khusus mencuci mobil, jangan menggunakan sampo apalagi deterjen.
2) Setelah dibilas dengan bersih, lap lah dengan kain bersih dan lembut.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan