Penyebab Rem Berbunyi




Penyebab Rem Bunyi– Terkadang saat menginjak pedal rem ketika berkendara terdengar suara berdesit yang berasal dari roda. Terasa menjengkelkan memang karena cukup mengganngu pendengaran. Suara tersebut timbul dari rem. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, tentu saja bisa merusak komponen-komponen lainya. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Penyebab Rem Berbunyi

Penyebab Rem Berbunyi

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rem berbunyi ketika pedal rem diinjak. Untuk itu perhatikan baik-baik penyebab bunyi yang berasal dari rem berikut ini:

1. Kampas Rem yang sudah aus atau habis.

Jika kampas rem sudah aus atau habis namun tetap dibiarkan begitu saja, maka bisa menimbulkan bunyi. Bunyi ini ditimbulkan dari gesekan antara logam yang terdapat pada kampas rem dan disc brake atau piringan. Apabila tidak segera diganti maka akan menyebabkan ausnya disc brake itu sendiri.




2. Disc Brake atau Piringan yang tidak rata

Pemakaian yang cukup lama bisa menjadi salah satu penyebab ausnya disc brake atau piringan. Keausan inilah yang menyebabkan permukaan disc brake tidak rata apalagi jika kondisi laher sudah jelek. Jika permukaan disc brake pada kendaraan anda sudah tidak rata maka besar kemungkinan akan timbul suara atau bunyi. Nah cara mengatasinya bisa dilakukan dengan melakukan pembubutan pada permukaan disc brake. Namun jika disc brake sudah terlalu tipis sebaiknya dilakukan penggantian.

3. Masuknya benda asing pada kampas rem

Penyebab rem yang berbunyi salah satunya bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada kampas rem. Ketika anda mengendarai kendaraan pada saat hujan cipratan dari debu atau kotoran bisa mengalir masuk ke kampas rem. Atau kemungkinan lain adalah ketika anda melintasi jalanan yang berdebu atau berpasir. Untuk yang satu ini cara mengatasinya cukup dengan melepas kampas rem kemudian dibersihkan. Cara membersihkanya bisa menggunakan amplas namun jangan terlalu lama cukup untuk menghilangkan kotoran yang menempel saja. Kemudian jika sudah semprot dengan udara bertekanan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan