Cara Menambah Nafsu Makan




Cara Menambah Nafsu Makan – Pola makan setiap manusia bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih pada anak-anak yang paling sering mengalami perubahan pola makan. Perubahan pola makan dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan, jika terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi kondisi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit akan mengintai dan siap menghantam kapan saja.

Hilangnya nafsu makan dapat disiasati dengan mudah, yang paling umum adalah memberi obat atau suplemen penambah nafsu makan. Suplemen seperti demikian lebih diperuntukkan kepada anak-anak dibawah umur, bukan untuk orang dewasa.

Menambah Nafsu Makan

Menambah Nafsu Makankanan

Jika Anda yang telah berusia lebih dari 12 tahun dapat mencoba cara menambah nafsu makan berikut. Nanti akan dijelaskan pula mengenai tips meningkatkan nafsu makan dengan mengikuti kebiasaan para leluhur, yaitu minum jamu tradisional penambah nafsu makan.

Cara Menambah Nafsu Makan

Sang anak yang kehilangan nafsu makan harus segera ditangani oleh orang tua nya, karena apabila tidak segera mendapat penanganan akan mempengaruhi asupan gizi dan lama kelamaan berdampak juga pada kecerdasan anak.
Meningkatkan Nafsu Makan Alami

1. Memberi Tampilan Berbeda Pada Makanan




Bisa jadi nafsu makan hilang hanya karena makanan yang hendak dikonsumsi tidak menarik untuk dilihat. Maka dari itu Anda bisa mencoba sedikit memoles tampilan makanan agar terlihat spesial di mata, contohnya membuat telur dadar yang diberikan mata dari tomat, kemudian hidung dari daun seledri, dan mulutnya dari cabai.

2. Pilih Makanan Favorit

Apabila Anda tidak enak untuk makan karena kurang suka dengan rasanya bisa menggantinya sesekali dengan makanan favorit. Hal ini terbilang efektif untuk mengembalikan nafsu makan, tetapi tidak berpengaruh banyak jika dilakukan sering-sering.

3. Konsumsi Buah-buahan Segar

Banyak buah dengan rasa manis hingga asam yang dapat menambah nafsu makan. Beberapa diantaranya adalah buah pepaya, pisang ambon, dan buah jeruk.

Daging buah pepaya dapat Anda makan beberapa potong ketika nafsu makan berkurang. Jika mau yang lebih efektif dan cepat, konsumsilah daun pepaya. Banyak obat penambah nafsu makan untuk orang dewasa yang terbuat dari daun kates (daun pepaya) yang telah direbus.

Pisang ambon juga menjadi buah favorit setiap orang yang ternyata berkhasiat dalam meningkatkan nafsu makan. Seminggu sekali setidaknya Anda konsumsi 3 – 5 potong pisang ambon, dalam beberapa hari kedepan Anda akan merasakan peningkatkan nafsu makan pada diri Anda.

Buah jeruk yang asam bisa Anda jadikan alternatif ketiga. Rasa asam yang dirasakan oleh lidah dapat menggugah selera makan, tidak percaya? Buktikan sendiri.

Meningkatkan Nafsu Makan Dengan Jamu

Nenek moyang kita sering membuat jamu tradisional untuk merangsang nafsu makan, berikut contoh resep jamu peningkat nafsu makan.

Daun Kenikir

Bahan: 100 gram daun kenikir.
Cara pengobatan: Daun kenikir yang masih segar dicuci bersih, setelah itu jadikan lalapan mentah untuk beberapa kali makan.

Temu Lawak

Bahan: 50 gram rimpang temulawak, 3 sdm air matang bersih, dan 1 sdt gula aren atau gula jawa.
Cara pengobatan: Parut rimpang temulawak sampai lumat, tambahkan 3 sendok makan air. Peras hasil parutan rimpan temulawk, kemudian saring airnya. Tambahkan gula jawa atau gula aren pada air saringan tadi, minum sekaligus. Lakukan sehari tiga kali dengan dosis yang sama.

Temu Putih

Bahan: 30 gram rimpang temu putih dan 2 gelas air matang.
Cara pengobatan: Tumbuk rimpang temu putih sampai lunak dan halus, kemudian masukkan dalam 2 gelas air. Aduk rata, saring airnya dan minum dua kali sehari.

Itu dia beberapa cara menambah nafsu makan secara alami dan menggunakan jamu tradisional penambah nafsu makan, semoga bermanfaat.




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan