Makanan Dan Minuman Yang Dilarang Saat Ibu Hamil




Makanan Dan Minuman Yang Dilarang Saat Ibu Hamil – Selama kehamilan Anda, kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan adalah segalanya, semua hal harus Anda siapkan dengan hati-hati supaya kehamilan tetap sehat dan lancar hingga proses melahirkan nanti. Bahkan untuk masalah makanan yang baik saat hamil juga harus diperhatikan, dan Anda juga harus tahu makanan apa saja yang sehat untuk ibu hamil.

Namun, ada juga beberapa makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil selama masa kehamilannya. Beberapa pantangan makanan yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain adalah:

Makanan dan Minuman Yang Dilarang Saat Hamil

Makanan dan Minuman Yang Dilarang Saat Hamil

1. Keju Lunak Dilarang Untuk Wanita Hamil
Wanita hamil harus menghindari keju yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Seperti pada soft cheese atau keju impor. Bakteri Listeria biasanya ditemukan dalam keju lunak. Ini dapat masuk plasenta dan dapat menyebabkan kerusakan pada bayi bahkan bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu, hindarilah asupan keju lunak dan setengah lunak selama kehamilan.

2. Bayam
Banyak yang mengira bayam sangat sehat untuk tubuh karena kaya akan kandungan zat besi. Tapi tidak untuk dimakan wanita hamil, karena Oxalic acid yang ada di dalam bayam, juga akan menyerap zat besi di tubuh ibu hamil. Sehingga, jumlah asupan zat besi untuk si janin justru berkurang.

3. Makanan Yang Mengandung Pengawet
Makanan yang mengandung pengawet, penyedap dan pewarna tentu sangat dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Hindari makanan seperti mie instan dan makanan lainnya yang mengandung pengawet serta zat kimia berbahaya lainnya.

4. Taoge Atau Kecambah
Kecambah mentah memang banyak mengandung nutrisi yang baik. Namun, kecambah mentah atau setengah matang (seperti kecambah bunga matahari, kecambah kacang hijau/taoge, kecambah bawang, kecambah kedelai) tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat menyebabkan terpapar bakteri salmonella.




5. Buah Nanas
Buah Nanas merupakan buah yang kaya bromelain yang mungkin tidak aman untuk kehamilan. Hal ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi atau penyakit perut seperti diare. Sehingga sangat baik untuk menghindari nanas saat hamil.

6. Hot Dog
Makanan seperti hot dog dan sejenisnya termasuk ke dalam golongan makanan yang tidak baik untuk ibu hamil dan janin. Jangan makan makanan tersebut tanpa dipanaskan lagi atau dimasak lagi. Hot dog dan sejenisnya diketahui terkontaminasi Listeria yang dapat menembus plasenta. Hal ini bisa menginfeksi janin dan menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan, diantaranya keguguran, kelahiran prematur, keracunan dalam darah dan berbagai masalah kesehatan bagi bayi yang baru lahir.

Hindari Beberapa Makanan Yang Terdapat Kandungan Dibawah ini:

1) Makanan yang mengandung pengawet.
2) Makanan yang mengandung gula buatan.
3) Makanan yang mengandung kaffein.
4) Makanan olahan Yang dipanaskan kembali.
5) Makanan yang terlalu tinggi kandungan vitamin A.
6) Makanan ringan yang tinggi lemak.

Beberapa Minuman Yang Harus Dihindari Untuk Wanita Hamil:

1) Kopi.
2) Teh hijau.
3) Soft drink.
4) Minuman mengandung alkohol.
5) Susu mentah.

Saran saya untuk makanan wanita hamil agar Anda lebih cermat memilih makanan untuk kesehatan Anda dan janin. Dan yang terpenting, berolahraga ringan untuk meringankan stres agar si janin lebih sehat. Cukup sampai disini tips mengenai makanan yang dilarang dan harus dihindari saat hamil. Semoga bermanfaat.




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan