Manfaat Vitamin C Untuk Mencegah Penyakit




Manfaat vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat larut dalam air serta berperan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin C dikenal dengan nama kimia yaitu asam askorbat. Vitamin C merupaka vitamin antioksidan yang memiliki manfaat untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas ekstraselular. Vitamin C sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, serta logam. Jeruk sudah banyak dikenal memiliki vitamin C terbanyak, namun lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada buah jeruk. Berikut manfaat vitamin C.

Vitamin C

Vitamin C

Manfaat Vitamin C

1. Melawan kanker
Salah satu manfaat vitamin C dapat bermanfaat untuk melawan kanker. Beberapa wanita yang sering mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan yang mengandung vitamin C , dapat memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker payudara. Ada beberapa riset yang mengindikasikan bahwa manfaat vitamin C tersebut dapat dijadikan sebagai racun terhadap sel-sel kanker tertentu.

2. Memperbaiki kulit
Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dibutuhkan kulit. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menetralkan radikal bebas menumpuk karena paparan sinar matahari. Manfaat vitamin C juga dapat untuk menghaluskan kulit.

3. Meningkatkan mood
Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan perubahan pada psikologis. Sebuah penelitian menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C (sebanyak 500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin C, secara signifikan mampu membantu untuk meningkatkan suasana keadaan hati atau mood mereka. Ini adalah manfaat vitamin c bagi yang sering gelisah, galau, dan sebagainya.

4. Menurunkan resiko serangan jantung
Manfaat vitamin C dapat menghilangkan aterosklerosis dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan arteri pada jantung menebal serta dapat meningkatkan serangan jantung karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar.




5. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah yang tinggi adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian secara mendadak terhadap orang yang menderitanya. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin dengan dosis yang dianjurkan dapat mengontrol tekanan darah.

6. Mencegah stroke
Melakukan diet tinggi antioksidan yang kaya akan buah serta sayuran mampu untuk membantu menangkal kardiovaskular. Namun, beberapa penelitian mengindikasikan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin C dalam tubuh memiliki risiko terendah menderita stroke khususnya pada wanita.

7. Mencegah diabetes
Vitamin C dapat menurunkan kadar gula pada tubuh serta mencegah efek buruk dari diabetes terhadap penderitanya. Dengan mengganti camilan manis dengan buah jeruk atau buah-buahan yang lainnya yang mengandung vitamin C.

8. Mencegah katarak
Apabila kekurangan vitamin C, lensa mata kita lama kelamaan akan menjadi buram sehingga menyebabkan pandangan mata menjadi kabur.

Dosis yang dianjurkan

Angka asupan vitamin C yang direkomendasikan pada saat ini masih menjadi suatu perdebatan dan bervariasi pada setiap negara. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan cukup 45 mg per hari. Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah-buahan dan sayuran. Setengah cangkir atau 125 ml jus jeruk memiliki kandungan sekitar 50 mg vitamin C yang cukup sebagai asupan vitamin C per hari. Sumber vitamin C terdapat pada stroberi, kiwi, kubis, paprika, dan brokoli.

Itulah manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh.




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan