Cara Mudah Dan Sederhana Menghilangkan Plak Pada Gigi




Karang gigi atau plak biasanya diabaikan begitu saja. Namun sebenarnya karang gigi jika diabaikan dapat merusak gigi bahkan dapat menyebabkan sakit gigi atau gusi. Karang gigi diakibatkan karena seseorang malas melakukan gosok gigi, terutama pagi setelah makan dan ketika akan tidur. Sisa makanan yang menempel pada gigi akan mengeras dan menimbulkan karang gigi. Plak tersebut akan menyebar ke seluruh bagian gigi dan menimbulkan bau tidak sedan untuk jangka pendek.

plak pada gigi

plak pada gigi

Maka dari itu cara menghilangkan plak pada gigi dapat dilakukan dengan cara medis, dan juga dengan cara dilakukan sendiri. Berikut adalah upaya atau cara untuk menghilangkan plak pada gigi.

  • Sikat gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan.

Cara ampuh untuk mengobati karang gigi adalah upaya kesadaran diri untuk selalu rajin menyikat gigi malam sebelum tidur, dan pagi setelah sarapan. Jika kita rajin untuk menggosok gigi, kita akan terhindar dari berbagai masalah gigi seperti bau mulut, penumpukan plak, dan juga sakit gigi. Lakukan menggosok gigi minimal dua kali sehari untuk menghindari masalah di dalam mulut.

  • Menggunakan pasta gigi khusus

Pasta gigi khusus disini adalah pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control yang dapat menghilangkan plak pada gigi.

  • Menggunakan kulit jeruk

Menggunakan kulit jeruk merupakan cara tradisional menghilangkan plak pada gigi. Hal ini dilakukan dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke gigi. Lakukan hal tersebut setelah makan akan sangat efektif menghilangkan bau mulut.

  • Menggunakan cengkeh

Cengkeh juga merupakan cara tradisional untuk menghilangkan plak pada gigi. Hal ini dilakukan dengan cara menggosokan cengkeh pada plak gigi dan lanjutkan untuk berkumur.




  • Mengonsumsi apel

Buah apel memiliki zat-zat yang bisa mengurangi plak pada gigi karena vitamin C yang terkandung dalam buah apel dapat menumpas plak dengan baik. Jika ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan plak pada gigi. Kita hanya perlu untuk mengonsumsinya saja.

  • Mengonsumsi buah melon

Buah melon tak sedikit sekali mengandung serat almi yang dapat dengan baik memproduksi air liur, sehingga kebersihan mulut akan senantiasa terjaga.

  • Flossing

Flossing adalah salah satu alternative untuk menghilangkan plak pada gigi. Sebagaimana kita ketahui bahwa plak gigi terdiri dari beberapa bakteri yang menempel disela-sela gigi. Dengan melakukan flossing makan bakteri akan larut dan runtuh secara menyeluruh.

  • Banyak mengonsumsi air putih

Air putih dapat memeperlancar kerja metabolism dalam tubuh. Ternyata manfaat air putih juga dapat membersihkan plak pada gigi. Caranya sangat mudah, dengan meminum air putih 8 gelas per hari secara rutin dapat membersihkan mulut dari karang atau plak pada gigi.

  • Berkumur dengan memnggunakan mouthwash

Hal ini sangat efektif untuk melarutkan sisa makanan yang berbentuk plak pada gigi. Mouthwash juga berperan penting dalam menghilangkan bau mulut.

Selalu menjaga kebersihan mulut adalah poin penting untuk menghilangkan plak pada gigi. Menggosok gigi minimal dua kali sehari dan berkumur dengan benar juga sangat ampuh untuk menghilangkan plak pada gigi. Menggosok gigi yang rajin juga akan mengurangi timbulnya masalah pada gigi. Usahakan untuk memeriksakan gigi anda ke dokter minimal 6 bulan sekali untuk menjaga mulut dari masalah.




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan