6 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Tubuh




6 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Tubuh – Agar tubuh selalu sehat dan bugar, seseorang harus melakukan olah raga dengan rutin. Tidak harus berolahraga berat, cukup dengan melakukan jogging. Jogging ialah bentuk olah raga lari atau berjalan pada keadaan lambat atau santai yang tujuannya untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Pernyataan menurut Dr. George Sheehan mendefinisikan jogging adalah kegiatan berjalan lebih lambat dari 6 mph (10 menit per-mil kecepatan). Dari pengertian ini, dengan mudah bisa disimpulkan bahwa jogging adalah suatu kegiatan untuk mendorong serta mengembangkan kekuatan jasmani melalui gerak dengan berjalan atau berlari yang kecepatannya lebih lambat dari 6 mph. Melakukan jogging dengan teratur memberikan manfaat untuk kondisi fisik dan kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 6 manfaat olah raga

6 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Tubuh

Olahraga Jogging

Olahraga Jogging

6 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Tubuh

1. Membuat jantung lebih sehat.
Jogging bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah). Dengan melakukan jogging dengan rutin dan teratur maka akan melatih dan memperkuat otot jantung, melancarkan seluruh aliran darah, mengendalikan tekanan darah dan mengurangi kolesterol dalam darah.

2. Paru-paru yang sehat.
Melakukan jogging secara rutin bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dalam mengelola oksigen. Meningkatnya jumlah oksigen yang diserap oleh tubuh saat jogging bisa meningkatkan metabolisme dan menghambat penuaan pada sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan stamina tubuh.
Rutin olahraga jogging dapat meningkatkan stamina tubuh. Seseorang yang terbiasa jogging akan mempunyai ketahanan fisik lebih baik daripada yang tidak melakukannya.




4. Membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
Dengan jogging secara rutin akan meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar lemak lebih bagus sehingga dapat menjaga bahkan mengurangi berat badan seseorang. Saat metabolisme tubuh meningkat, lemak dalam tubuhpun akan berkurang lebih banyak. Untuk orang yang menginginkan berat badan ideal, jogging bisa membantu menjaga berat badan secara normal.

5. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
Jogging dapat mencegah hilangnya massa otot serta massa tulang yang terkait dengan usia. Saat seseorang mulai jogging dengan teratur, maka akan melatih serta memperkuat otot-otot kaki, paha dan punggung serta dapat meningkatkan kepadatan tulang.

6. Mengurangi stres.
Melakukan jogging dengan rutin akan melatih tubuh untuk memproduksi serta meningkatkan hormon endorfin lebih banyak. Hormon endorfin adalah hormon yang memberikan rasa bahagia sehingga dapat membantu seseorang mengurangi stres.

Demikian tips tentang 6 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Tubuh, semoga bermanfaat.
Terima kasih..




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan