7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda




7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda – Olahraga tentu selalu bermanfaat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Olahraga secara rutin dan teratur membantu agar tubuh lebih sehat, bugar dan tahan terhadap serangan penyakit. Begitu juga olahraga bersepeda.

Bersepeda (gowes) adalah salah satu jenis olahraga yang menarik serta bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak pandang usia, tua muda, laki-laki atau perempuan, semua menyukai jenis olahraga ini. Dari beberapa penelitian telah menunjukkan banyak manfaat dari olahraga sederhana ini sebagai alat untuk menjaga kesehatan sekaligus bermain. Inilah 7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda yang saya kutip dari beberapa sumber, ialah :

7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Olahraga Bersepeda

 

7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda

1). Kesehatan Jantung.
Bersepeda adalah bentuk latihan yang ideal supaya jantung lebih sehat dan kuat. Bersepeda dekat hubungannya dengan peningkatan kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah serta jantung. Menurut pakar ahli kesehatan, jika dilakukan dengan rutin dan teratur, maka bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan penyakit jantung sebanyak lebih dari 50%.

2). Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
Kekebalan tubuh sanagt berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan berbagai bentuk penyakit sitemik. Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas olahraga tingkat menengah, seperti bersepeda bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk kesehatan.

3). Otot Menjadi Kuat.
Selama kita bersepeda, semua otot tubuh digerakkan dengan koordinatif. Otot kaki bertanggungjawab untuk mengayuh sepeda, otot perut serta punggung bertugas menjaga kestabilan tubuh, otot lengan dan bahu mendukung tubuh supaya kuat memegang setang. Semua dari aktifitas ini membuat otot semakin kencang dan dapat berfungsi secara baik.

4). Memperkuat Sistem Kerangka Tubuh.
Bersepeda mempunyai efek positif pada kepadatan dan kekuatan pada tulang, sehingga kerangka menjadi kuat. Seperti telah dikemukakan di atas, bahwa bersepeda dapat menguatkan otot-otot tubuh, dan otot tubuh yang kuat dapat melindungi sistem kerangka.




5). Mengurangi Stres.
Bersepeda mempunyai efek relaksasi sebab gerakan sikliknya yang seragam, bisa menstabilkan fungsi tubuh baik dari segi fisik dan mental. Bersepeda dapat disebut juga sebagai olahraga rekreasi sebab bisa menjaga keseimbangan hormonal, melawan tingkat kecemasan, depresi dan masalah psikologi lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pikiran.

6). Menjaga Stamina Tubuh.
Bersepeda ialah olahraga aerobik sebab memberikan tegangan/tekanan lebih sedikit dibandingkan dengan olahraga ketahanan lainnya. Jika dilakukan dengan teratur, maka akan diikuti dengan meningkatnya stamina, sehingga tubuh tidak mudah capek dan kelelahan.

7). Menjaga Berat Badan dan Metabolisme Tubuh.
Dengan bersepeda, maka kita dapat membakar banyak kalori, terutama pada saat kita mengayuh lebih cepat dari biasanya. Dengan ini bersepeda efektif menjaga berat badan tetap ideal dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Demikian tips kesehatan tentang 7 Manfaat Kesehatan Olahraga Bersepeda, semoga bermanfaat. Terima kasih..




Incoming search terms:

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan